NEWS UPDATE :  
GOES TO MALANG 2019

GOES TO MALANG 2019

  • Ditulis tanggal 02 Jul 2019 |
  • Dibaca 27 kali


Dalam rangka menambah wawasan pengetahuan di luar lingkungan sekolah SMP Plus Ma’arif NU Ciamis mengadakan Study Tour ke Demak - Malang – Yogyakarta pada hari Kamis - Minggu, 7 – 11 Februari 2019. Distination study tour dipilih Demak - Malang - Yogyakarta karena memiliki banyak pilihan untuk dijadikan study, mulai dari study religi, study budaya, study pendidikan bahkan study wisata.

Tanpa diikuti oleh orang tua siswa dan hanya didampingi oleh guru  wali kelas serta perwakilan guru sekolah siswa-siswi dituntut mempersiapkan diri untuk mandiri selama 4 hari 5 malam.  Keberangkatan dimulai dari sekolah pada jam 08.00 (delapan) pagi melalui route utara tol Trans Jawa menuju Surabaya. Tujuan pertama adalah ziarah ke makam Raden Fatah Sultan Demak Pertama yang berada di Komplek Makam Belakang Masjid Agung Demak. Setelah melalui lika-liku perlajanan akhirnya sampai di tujuan pertama yaitu singgah di  kota Demak sekitar pukul 18.10 malam. Sesampainya di sana para siswa dan siswi yang didampingi oleh pembimbing melakukan solat magrib berjamaah di Masjid Agung Demak dan melakukan ziarah ke makam Raden Fatah. Ziarah ke makam Sultan Demak dan keluarganya dilakukan untuk berdoa dan berziqir, yang dalam bahasa jawa sering disebut dengan ngalap berkah atau memohon berkat.

Setelah selesai melakukan ziaroh dan makan malam di Demak, sekitar pukul 20.00 rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bangkalan Madura melalui rute Tol Trans Jawa – Surabaya dan melewati Jembatan Suramadu. Akhirnya sekitar pukul 04.00 pagi sampai di Bangkalan Madura dan menuju Masjid Syaichona Moch Cholil untuk melakukan salat subuh dan ziarah di sana. Sekitar pukul 08.00 pagi perjalanan dilanjutkan menuju Kota Batu Malang dan tujuan pertama wisata di sana adalah petik apel Malang. Akhirnya setelah melewati perjalanan sekitar 5 jam, sampailah di Kota Batu Malang untuk melakukan petik apel. Antusias dan kegembiraan siswa terlihat saat mereka mulai memetik apel dan makan sepuasnya di sana. Setelah puas berjalan-jalan dan memetik apel rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel Paradise yang terletak di kota Batu Malang dan menginap di sana selama satu malam.

Pada hari ke-3 rombongan check out dari hotel Paradise dan perjalanan dilanjutkan menuju kawasan wisata Jatim Park 1. Di salah satu kawasan wisata andalan Kota Batu ini, siswa antusias meniknmati wahana wisata yang tersedia di Jatim Park 1. Di wahana wisata seluas 11 hektar ini, siswa diberikan kesempatan untuk menikmati seluruh wahana hingga pukul 17.00 sore hari. Di kawasan yang memadukan wisata edukasi dan rekreasi ini, siswa mendapatkan banyak pengetahuan sekaligus hiburan. Memasuki Jatim Park I, siswa-siswi SMP Plus Ma’arif NU Ciamis dikenalkan aneka kebudayaan masyarakat Indonesia, mulai dari tradisi masyarakat, wayang, budaya suku-suku nusantara, rumah adat berbagai daerah, ilmu pengetahuan dan sains hingga mempelajari sejarah nusantara. Usai mengamati wahana edukasi, dilanjutkan dengan menikmati wahana rekreasi, seperti wahana air, flum ride, taman bermain, sky copter, star chase, flying tornado, walking animal dan dan sebagainya. Setelah puas menikmati semua wisata di Jatim Park 1 rombongan melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta.

Menuju Hari ke-4 Minggu, 10 Februari 2019 rombongan sampai di Yogyakarta dan objek pertama yang dikunjungi adalah Tebing Breksi yang berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Tebing Breksi merupakan kawasan wisata yang cocok dijadikan spot selfie karena terdapat tebing bebatuan breksi yang memiliki corak indah menjadi daya tarik tersendiri. Di sana siswa-siswi berkeliling untuk melihat pemandangan dan terlihat pula beberapa siswa mengambil gambar di beberapa area yang disediakan untuk spot selfie.     Perjalanan hari ke-4 tidak hanya sampai disitu tetapi berlanjut ke pusat kota yang tadinya diajak wisata alam sekarang pindah ke wisata budaya di jalan Malioboro. Rombongan dikasih kesempatan selama 5 jam untuk menikmati Malioboro. Rombongan bisa meliat suasana pasar sore sepanjang jalan Malioboro, mulai dari jajanan yang gelar lesehan, penjualaan batik dan kaos oblong khas jogja. Cukup menarik untuk diperhatikan kegiatan di jalan Malioboro, banyak juga yang datang tidak hanya wisatawan dari dalam negeri, luar negeri juga cukup banyak. Wisata hari ke-4 berakhir di jalan Malioboro, rombongan melanjutkan perjalan pulang menuju Ciamis.

(Ade Irawan S)

 

Kirim Komentar


PENGUMUMAN UN
PPDB ONLINE
Chat Online
VIDEO
Berita Terbaru
Kontak
Alamat :

Jln. Citapen No. 4 Bangunsirna Sukamaju Kec.Baregbeg

Telepon :

02652750641 - 085223010599

Email :

[email protected]

Website :

http://smpbpplusmaarifnucms.sch.id/

Media Sosial :
Polling

Bagaiman Tampilan Website Ini?

  Sangat Bagus
  Bagus Sekali
  Bagus
  Biasa Saja
  Kurang

  Hasil Polling