NEWS UPDATE :  

CONTOH TEKS PIDATO "PEMIMPIN YANG QURANI” (LEADER WHO QUR_ANIC) 

  • Ditulis tanggal 14 Oct 2017 |
  • Dibaca 157 kali

(irama Ayu Ting-Ting)

Dimana… Dimana kucari

Pemimpin… pemimpin yang qurani

Rakyat lama menanti, pemimpin yang sejati

Sayang…. Hanyalah janji yang kudapati

السّلام عليكم و رحمة الله وبركاته

الحمد لله ربّ العالمين ، الصّلاة والسّلام على سيّدنا محمّد سيّدالاوّلين والاخرين وعلى اله و صحبه اجمعين. قال الله تعالى فى القرآن الكريم اعوذ بالله من الشّيطان الرجيم ياٰيهاالذين اٰمنوا اطيع الله واطيع الرّسول واولى الامرمنكم .....الاية

قال النبيّ صلّى الله عليه وسلّم : مَنْ اَطَاعَ اَمِيْرِيْ فَقَدْ اَطَاعَنِيْ وَمَنْ عَصَى اَمْرِيْ فَقَدْ عَصَانِيْ

*Dewan Juri yang baik hati, hadirin yang saya hormati.

Tiada untaian kata yang pantas dan ringkas dan menembus ke dalam jiwa dengan irama yang halus, kecuali kata puji kita panjatkan kepada dzat Yang Maha Suci.

Segala puja kita haturkan kepada dzat Yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa. Sebab setiap gerak gerik liku – liku kehidupan, sejarah kenyataan  dan cerita kehidupan tak lepas dari qudrot dan irodatnya Alloh Ta’ala.

Sholawat dan salam yang lebih berharga daripada kilauan emas permata semoga terlimpah curahkan kepada baginda Nabi yang telah memberi petunjuk pada ummat-Nya dari jalan yang salah menuju jalan yang benar, yakni habiibana wa nabiyyana Muhammad SAW.

*Dewan juri yang baik hati, hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang baik ini insya alloh saya akan membawakan sebuah tema “Menjadi Pemimpin yang Qurani” (leader who qur_anic).

Setiap diri kita adalah pemimpin, pemimpin bagi dirinya sendiri, pemimpin bagi keluarganya, pemimpin bagi rakyatnya.

Pemimpin ada dua macam. Ada pemimpin yang baik, ada pemimpin yang rusak atau bejat. Semua pemimpin di akhirat nanti akan diminta pertanggung jawaban oleh Alloh. Yang menjadi pertanyaan, pemimpin yang bagaimana yang dicintai Alloh, dan yang harus kita ta’ati? Tentu hadirin tau kan? Jawabnya adalah pemimpin yang Qur’ani yaitu yang selalu patuh dan ta’at melaksanakan aturan Alloh dan Rosulnya yang tersurat dan tersirat dalam al-quran. Sesuai dengan Firman Alloh Surat An-Nisa ayat 59 :

 ياٰيهاالذين اٰمنوا اطيع الله واطيع الرّسول واولى الامرمنكم اعوذ بالله من الشّيطان الرجيم

Yang artinya : والله اعلم بالمراد  “Hai orang – orang yang beriman, ta’atilah Alloh dan ta’atilah rosulnya, dan ulil amri diantara kamu.”

*Dewan juri yang baik hati, hadirin yang saya hormati.

Bahkan yang patut kita contoh dan kita tauladani adalah kepemimpinan baginda Rosululloh SAW. Kepemimpinan yang benar – benar pemimpin yang qur’ani dan terbukti berhasil mereformasi peradaban manusia sedunia. Merupakan harapan kami sebagai rakyat Indonesia. Semoga pemimpin – pemimpin yang ada di Indonesia menjadi pemimpin yang qur’ani. Dan apabila di negeri Indonesia yang tercinta ini,  tumbuh pemimpin – pemimpin yang qur’ani yang selalu mencontoh, menta’ati akhlaq dan ajaran Nabi Muhammad. Maka insya Alloh akan tercapai negeri yang damai, sejahtera, subur makmur di bawah naungan ridlo ilahi. Bakhan Michael Hart menempatkan baginda Rosululloh pada urutan pertama sebagai reformis dunia dari sederetan pemimpin yang ada di kolong langit ini. Sehingga kebesaran beliau diabadikan dalam Encyclopedia Brittanica sebagai “the most successful of all prophets and all religious personalities”.

Karena pemimpin yang qur’ani yang harus kita patuhi semua aturannya, semua perintahnya. Bahkan Rosululloh SAW bersabda dalam sebuah kitab karangan Syekh Imam Kusini :

مَنْ اَطَاعَ اَمِيْرِيْ فَقَدْ اَطَاعَنِيْ وَمَنْ عَصَى اَمِيْرِيْ فَقَدْ عَصَانِيْ

Artinya : “Barang siapa yang turut kepada pemerintahku, maka sesunggunnya ia turut kepadaku. Dan barang siapa yang ingkar kepada pemerintahku, maka sesungguhnya ia ingkar kepadaku.”

*Dewan juri yang baik hati, hadirin yang saya hormati.

Jauh halnya dengan gerakan reformasi pemimpin kita. Konsepnya setinggi langit, gaungnya menggema kemana – mana ! Tapi hasilnya entah kemana. Kenapa? Ini disebabkan krisis figur. Di era reformasi ini bukan figur – figur  reformasi sejati pemimpin qur’ani yang muncul. Akan tetapi yang lebih menjamur adalah oknum – oknum reformasi yang haus kursi, haus pangkat, haus jabatan dan popularitas.

Kalau reformasi kehilangan figur, pemimpinnya bejat. Tak ubahnya laksana anak ayam kehilangan induknya. Tak tau arah kemana ia harus melangkah. Reformasi yang dicita – citakan, tapi destruksi yang dirasakan. Akibatnya? The rich, richer and the poor, poorer. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin. كَمَا قَالَ Rhoma Irama :

Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin

Yang ada hanyalah pemimpin atau pejabat yang bejat.

Oleh karena itu, izinkan saya membacakan sebuah puisi tentang pejabat.

*Pejabat*

Kita lihat seorang pejabat

            Yang lupa akan akhirat

            Walau uang banyak berlipat – lipat

            Rumahnya megah bertingkat

            Mobilnya mewah mengkilat

            Istrinya demplon cantik memikat

            Bahkan sampai punya empat

 

            Jika lihat uang rakyat

            Langsung saja disikat

            Dialah pemimpin yang lebih rusak daripada bangsat

            Ingat… Ingat… Ingat…

            Ada Alloh yang maha melihat

            Ada malaikat yang selalu mencatat

            Baik dan buruk yang kita perbuat

*Dewan juri yang baik hati, hadirin yang saya hormati.

            Dari pembicaraan saya tadi dapat disimpulkan bahwa kepada semua pemimpin, jadilah pemimpin yang qur’ani. Dan Alloh pun memeritahkan untuk patuh dan ta’at kepada pemimpin yang qur’ani.

                        Beli cincin ke Surabaya

                        Ketinggalan di kamar mandi

                        Wahai pemimpin seluruh Indonesia

                        Jadilah pemimpin yang qur_ani

            Apabila perkataan saya benar, semata – mata dari Alloh. Dan apabila perkataan saya salah, itulah kesalahan saya pribadi. Semoga Alloh memberikan maghfirohnya. آمِيْن...

 

أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِاالتَّقْوَى الله، والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

            

Kirim Komentar


PENGUMUMAN UN
PPDB ONLINE
Chat Online
VIDEO
Berita Terbaru
Kontak
Alamat :

Jln. Citapen No. 4 Bangunsirna Sukamaju Kec.Baregbeg

Telepon :

02652750641 - 085223010599

Email :

[email protected]

Website :

http://smpbpplusmaarifnucms.sch.id/

Media Sosial :
Polling

Bagaiman Tampilan Website Ini?

  Sangat Bagus
  Bagus Sekali
  Bagus
  Biasa Saja
  Kurang

  Hasil Polling